Obat Mencret/Diare pada Sapi

Obat Mencret/Diare pada Sapi

Diare pada sapi sering terjadi karena beberapa faktor, seperti lingkungan, pakan yang tidak cocok, perubahan cuaca, dan kondisi sapi yang kurang sehat. Diare pada sapi dapat dikenali lebih awal dengan memperhatikan pada perubahan bau dan tekstur fesesnya, atau gejala-gejala lainnya. Karena pada dasarnya gejala yang berbeda akan memerlukan pengobatan yang berbeda pula. Obat mencret/diare pada sapi dapat dilakukan dengan beberapa cara tradisional dan alami. Seperti misalnya jika sapi Anda diare, segera selidiki faktor yang belakangan ini Anda lakukan terhadap pemeliharaan sapi. Seperti entah itu mengganti pakannya secara tiba-tiba, memindahkan tempat ternak, atau melakukan pergantian pemeliharaan secara mendadak. Mencret juga dapat terjadi akibat tympani pada ternak, sapi Bali merupakan sapi yang rentan terhadap penyakit menceret.

Sapi Bali yang terkena tympani menyebabkan mencret dan sulit untuk ditangani kembali.

Beberapa hal tersebut dapat memicu sapi stress dan tidak biasa, sehingga kemungkinan besar dapat timbul beberapa penyakit pada sapi yang salah satunya adalah diare. Jika Anda hendak memberikan ramuan obat, gunakanlah bahan-bahan alami untuk menghindari efek samping yang mungkin tidak Anda ketahui. Ketika sapi Anda diare, cobalah untuk membuat larutan oralit dari kaldu sapi, garam, dan baking soda. Oralit ini dapat membantu mengurangi diare agar tidak menjadi lebih parah. Sedangkan jika diare sudah terlihat semakin parah, Anda harus lebih waspada dan segera tangani dengan ramuan obat yang lebih tepat.

Sapi yang terkena mencret biasanya akan menjadi kurus karna nafsu makannya berkurang

Diare yang berkelanjutan dapat membuat kondisi sapi menjadi lebih parah, seperti badannya yang makin kurus, bulu rontok dan kasar, tidak mau makan, keluar lendir dari mata dan hidung, jalan sempoyongan, dan lain sebagainya. Jika tidak segera ditangani, hal tersebut dapat memperparah kondisi sapi dan membuatnya semakin stress, sehingga proses penyembuhan akan berlangsung sangat lama.

Untuk mengobati diare yang sudah parah, Anda dapat mencoba menggunakan tempurung kelapa yang ditumbuk halus kemudian disaring. Berikan ramuan tersebut 50 gram per oral. Selain itu, Anda juga dapat meminumkan minyak kelapa pada sapi sebanyak 500ml. Daun jambu biji juga dapat dijadikan sebagai obat diare sapi yang ampuh. Caranya Anda bisa memberikannya langsung, ataupun menumbuknya dan diberi sedikit air untuk diminumkan. Setelah melakukan beberapa tips pengobatan alami tersebut, sapi Anda akan segera membaik dengan sendirinya.

Adapun obat-obatan yang biasa digunakan oleh peternak adalah obat berbahan sulfadiazine yang berfungsi sebagai antibakterial.

Salah satu jenis obat yang biasa diberikan pada ternak yang mencret