Obat Tradisional untuk Mengatasi Kaki Ternak yang Bengkak

Obat Tradisional untuk Mengatasi Kaki Ternak yang Bengkak

Kesehatan ternak sapi harus Anda perhatikan dengan benar agar ternak tidak terserang penyakit dan bisa berkembang dengan baik. Salah satu jenis penyakit yang paling sering diderita oleh ternak sapi adalah penyakit kaki pincang akibat kondisi kaki ternak yang bengkak. Kondisi bengkak yang diderita oleh sapi bisa disebabkan beberapa hal seperti luka, terjerat tali, atau terkena hantaman benda tumpul.

Kaki ternak yang bengkak mengakibatkan ternak sapi susah berjalan. Kondisi seperti ini harus segera Anda atasi karena bisa mengakibatkan nafsu makan ternak sapi menurun dan akibatnya bisa menurunkan daya tahan ternak sapi. Jika sudah begitu maka berbagai macam penyakit bisa dengan mudah menyerang ternak sapi yang Anda miliki. Selain itu Anda juga harus pastikan penyebab bengkak pada ternak sapi apakah karena penyakit atau karena luka yang ada pada kaki sapi.

Untuk menyembuhkan bengkak pada kaki ternak sapi, Anda bisa mencoba menggunakan obat tradisional yang terdiri dari campuran jahe dan minyak tanah. Parut jahe secukupnya lalu campurkan dengan minyak tanah. Oleskan ramuan ini pada kaki ternak sapi yang bengkak sambil beri pijatan untuk memperlancar aliran darah pada kaki sapi. Lakukan pengobatan ini secara teratur 3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sapi yang menderita kaki bengkak juga perlu Anda berikan asupan vitamin B agar nafsu makannya bertambah sehingga ternak bisa cepat sembuh. Sebaiknya isolasi ternak sapi yang kakinya bengkak ke kandang yang lantainya diberi alas empuk agar ternak sapi merasa nyaman. Dan jika terdapat luka terbuka pada kaki yang bengkak, segera aplikasikan antibiotik untuk mengurangi rasa nyeri dan untuk mempercepat penyembuhan pada luka.

Untuk mencegah terjadinya kaki ternak yang bengkak, Anda harus memastikan kondisi kandang nyaman dan tidak terlalu sesak. Selain itu posisi tali dan sekat kandang harus aman agar tidak menyebabkan luka atau bengkak pada kaki sapi. Kondisi pakan ternak juga harus Anda perhatikan. Pakan ternak yang berkualitas bisa menjadikan ternak berkembang dengan baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit.