Pakan Ternak Rumput Odot untuk Ternak yang Cepat Gemuk

Pakan Ternak Rumput Odot untuk Ternak yang Cepat Gemuk

Tujuan dari beternak adalah menghasilkan hewan yang gemuk untuk diambil dagingnya kemudian dijual. Semakin banyak daging yang dimiliki hewan ternak maka akan semakin mahal harganya. Oleh karena itulah, banyak peternak mencari cara bagaimana menggemukkan hewan ternak dalam waktu yang cepat. Untuk hewan ternak herbivora, rumput odot bisa menjadi pakan alternatif.

Rumput jenis ini merupakan rumput yang banyak digemari oleh peternak untuk dijadikan pakan. Rumput gajah odot masih satu keluarga dengan rumput gajah, perbedaannya terletak pada ciri fisiknya yang lebih pendek dibandingkan dengan rumput gajah pada umumnya. Ciri lainnya yang hanya dimiliki oleh rumput pakan yang satu ini adalah batang yang gemuk dan daun yang berbulu. Alasan mengapa banyak petani memburu rumput yang satu ini adalah kandungan nutrisinya yang mampu membuat kambing atau sapi gemuk dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Selama ini, banyak peternak yang menggunakan rumput gajah untuk pakan ternak dan belum banyak yang mengenal rumput odot. Padahal, secara kuantitas rumput yang masih satu rumpun dengan rumput gajah ini memiliki lebih banyak daun dan lebih banyak nutrisi. Berbagai keunggulan lainnya adalah lebih mudah ditanam, memiliki banyak tunas dan akan tumbuh terus menerus. Anda hanya perlu menanam rumput yang dikenal sebagai rumput gajah kerdil ini satu kali saja, tapi anda bisa memanennya kapan saja anda mau. Rumput gajah kerdil tidak memerlukan lahan yang luas untuk tumbuh, beri saja pupuk yang cukup maka anda akan mendapatkan hasil yang melimpah.

Keunggulan nutrisi juga dimiliki oleh rumput gajah kerdil ini, rinciannya antara lain protein kasar daun sebanyak 14% dari berat total, protein kasar daun sebanyak 8%, kadar lemak daun 2%, dan kadar lemak batang 0,5%. Rumput gajah mini ini dapat dicerna dengan baik oleh pencernaan hewan ternak, data menunjukkan bahwa kecernaan batang adalah 62% dan kecernaan daun sebesar 72%. Oleh karena itu, rumput odot sangat disarankan untuk menjadi pakan hijauan bagi hewan ternak.