Pengelolaan Sistem Hijauan Pakan Ternak Terpadu

Pengelolaan Sistem Hijauan Pakan Ternak Terpadu

Ternak membutuhkan pakan yang baik dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pakan sangat penting digunakan untuk keberlangsungan hidup ternak. Setelah kebutuhan pakan terpenuhi untuk kebutuhan utama yakni untuk hidup ( bernafas dan berjalannya fungsi anggota tubuh seperti (jantung, hati, ginjal, dan lainnya).  Penanaman hijauan pada pakan ternak yakni berupa rumput dan legume (kacang-kacangan). Hijauan tersebut sebagai kebutuhan utama ternak. Penanaman hijauan harus dengan memperhatikan kondisi serta disain penanaman.

Hijauan pakan dapat ditanam dengan model rumput dan legume. Rumput merupakan salah satu sumber energy pada ternak sedangakn legume merupakan sumber protein pada ternak. Rumput yang biasa ditanam yakni rumput gajah, rumput raja, dan rumput odot. Legum atau kacang-kacangan yang dapat digunakan yakni lamtoro. Indigofera, kaliandra merah dan turi. Penanaman rumput diselingi odot mampu menghasilkan hijauan yang baik untuk ternak karena ternak akan terpenuhi kebutuhan energy dan proteinnya. Hal itu dapat memacu pertumbuhan ternak karena kebutuhan nutrisi pakannya terpenuhi.

Model penanaman :

VX.. V…. V…. V…. VX.. V…. V…. V…. V…. VX..
V…. V V V V V V V V V….
V…. V V V V V V V V V….
V…. V V V V V V V V V….
VX.. V…. V…. V…. VX V…. V…. V…. V…. VX..
V…. V V V V V V V V V…
V…. V V V V V V V V V….
V…. V V V V V V V V V….
VX.. V.… V…. V…. VX.. V…. V…. V…. V…. VX..

 

Keterangan:

V: rumput odot jarak tanam 1 x 1m atau 0,5 x 0,5m

x: legum (turi, kaliandra, lamtoro & indigofera) bisa diseling atau 1 macam saja Jarak tanam 5 x 5m atau 3 x 3m

…. : Centrocema sebagai crop tanaman

Tata cara penanaman yakni legume indigofera, turi, kaliandra atau lamtoro disemai hingga mencapai 30cm. Lahan yang akan ditanam harus dibersihakan dan dipupuk dengan pupuk buatan atau pupuk kandang, akan lebih baik menggunakan pupuk kandang. Jarak minimal pemberian pupuk dan tanam adalah 3 hari agar tanaman tidak panas. Setelah tanaman legum sdh 30cm maka odot data ditanam dengan jarak 1m x 1m.
Untuk menghindari gulma (tanaman yang menggangu) maka diberikan crop atau penutup lahan dengan legume (centrocema). Legum ini menghindari adanya tanaman pengganggu yang nanti merusak tanaman odot atau tanaman legume lainnya.

Tanaman legume dapat ditanam bervariasi atau dapat ditanam selang-seling. Jika yang ditanam rumput dahulu maka tanaman legume harus disemaikan secepatnya dan diletakkan agak jauh dari odot. Model penanaman yakni odot jarak 1m x 1m dan legum ( indigofera, kaliandara, turi dan lamtoro) jaraknya 5m x 5m. KEmudian jika semua sdh ditanam maka dua minggu setelah penanaman odot dan legume maka di tanam tanaman crop berupa centrocema.

Cara ini memberikan hasil yang optimal dan hasil yang terbaik.