Pengobatan Mastitis yang Tepat

Pengobatan Mastitis yang Tepat

Mastitis adalah penyakit yang menyerang kelenjar susu yang ditandai dengan terjadinya peradangan pada ambing susu ternak. Peradangan pada ambing susu ini jika dibiarkan maka akan dapat semakin parah dan merugikan bagi para peternak. Untuk itu diperlukan pengobatan mastitis yang tepat agar hewan ternak dapat kembali sehat.

Penyakit mastitis pada hewan ternak akan sangat merugikan para peternak. Penyakit ini dapat menyerang berbagai ternak seperti kambing, sapi, maupun kerbau. Pada sapi perah, mastitis dapat sangat merugikan para peternak karena akan mengakibatkan kualitas dan kuantitas susu menurun, kehilangan produksi susu, hingga yang paling parah menyebabkan sapi mengalami kematian. Demi mencegah hal ini maka peternak harus cepat tanggap jika sapi atau hewan ternaknya mulai terjangkit mastitis.

Untuk menyelamatkan hewan ternak dari penyakit ini maka diperlukan pengobatan mastitis yang benar dan tepat sesuai dengan gejala yang diderita sapi. Untuk mengobati mastitis umumnya peternak menggunakan antibiotik, karena memang penyakit jenis ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan jarang sekali disebabkan oleh jamur. Dalam pemberian antibiotik sebaiknya jangan menggunakan antibiotik yang bersifat long acting (LA), sehingga apabila pengobatan tidak mengalami perkembangan berarti maka dapat diganti dengan antibiotik lainnya tanpa harus menunggu lama.

Dalam melakukan pengobatan, pemilihan waktu yang tepat juga sangat diperlukan. Hal ini agar pengobatan menjadi maksimal dan sapi lebih cepat sembuh. Waktu terbaik untuk memberikan obat adalah pada saat susu kering. Jenis-jenis antibiotik yang bisa diberikan diantaranya Penicillin, Amoxycillin, Ampicillin, Neomycin, Suanovil (spiramycine), dan lain-lain.  Bagi kami sendiri obat yang menurut kami paling ampuh adalah Penstrep-400, dengan cara diinject ke bagian intramuskular. Jika pada permukaan kelenjar susu luar ternak mengalami luka, maka harus disemprotkan antiseptik untuk mencegah infeksi akibat kontaminasi dengan bakteri dari luar. Jika pengobatan dengan antibiotik tidak membuahkan hasil, bisa jadi penyebab mastitis adalah karena jamur. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah pengobatan mastitis karena jamur. Selain pengobatan, pencegahan merupakan cara yang paling efektif untuk melindungi ternak dari mastitis.