Pentingnya Hijauan Pakan Ternak dalam Bisnis Ternak Sapi

Pentingnya Hijauan Pakan Ternak dalam Bisnis Ternak Sapi

Beternak sapi termasuk ke dalam usaha agribisnis yang mendatangkan keuntungan yang banyak bagi pencetusnya. Daging sapi tidak akan pernah sepi pembeli sehingga permintaan akan daging potong tetap ada. Dari bakalan sapi yang misalnya dibeli pada kisaran sepuluh jutaan, kelak dapat dijual hingga tiga kali lipat sebagai sapi siap potong. Salah satu faktor yang menentukan ini adalah hijauan pakan ternak sapi tersebut.

Apa itu hijauan pakan ternak? Mari bedah satu-satu pengertian tiap kata dari frasa ini. Kata hijauan secara langsung mengacu pada makanan kesukaan herbivora yang berwarna hijau, yakni rumput-rumputan dan dedaunan. Pakan adalah makanan atau asupan yang diberikan kepada hewan ternak. Keberhasilan usaha ternak sapi sangat dipengaruhi oleh kualitas pakan. Terakhir, ternak adalah hewan yang dipelihara dan dikembangkan untuk sumber pangan atau bahan baku industri. Dengan demikian, frasa ini dapat disimpulkan sebagai seluruh jenis tumbuhan hijau segar yang diberikan pada ternak untuk membantu proses pemeliharaan dan pengembangbiakkan ternak tersebut.

Dengan sumber serat kasar utama yang berasal dari tanaman yang berwarna hijau, pakan hijauan menjadi penting sebagai faktor penentu produktivitas ternak. Contoh dampaknya bisa mengarah ke hasil susu sapi. Produksi susu sapi yang rendah dapat terjadi karena kuantitas dan kualitas rumput kurang baik, apalagi saat musim kemarau. Oleh karena itu, pemberian pakan ternak harus diperhatikan dengan baik-baik karena sapi membutuhkan pakan untuk hidup, pertumbuhan, produksi daging dan reproduksi. Jika Anda penggemar daging sapi lokal yang tidak memiliki banyak lemak, perlu Anda ketahui bahwa sapi lokal memakan lebih banyak rerumputan sehingga kadar lemak dalam tubuh sapi menjadi lebih sedikit.

Apa Anda berpikir untuk membangun usaha ternak sapi sendiri? Jika iya, perlu Anda ingat bahwa bisnis ternak sapi memiliki tiga faktor yang penting untuk diperhatikan: bibit sapi berkualitas (breeding), pakan (feeding) dan pengelolaan (management) ternak yang baik. Salah satu pakan yang bisa Anda prioritaskan adalah hijauan pakan ternak untuk menghasilkan sapi yang sehat dan berkualitas nantinya.