Penyakit Berbahaya Pada Sapi yang Sering Ditemui

Penyakit Berbahaya Pada Sapi yang Sering Ditemui

Salah satu kendala yang dihadapi oleh peternak sapi adalah munculnya beberapa penyakit yang bisa menurunkan produksi ternak sapi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit yang sering menyerang ternak sapi rata-rata disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit. Penyakit sapi yang menyerang ternak harus segera ditangani agar tidak menjadi wabah yang menular ke ternak sapi yang lain.

3 Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Ternak Sapi
1. Anthrak
Jenis penyakit ini tidak hanya berbahaya bagi ternak sapi, namun juga bisa menular pada manusia. Beberapa gejala penyakit sapi ini antara lain nafsu makan menurun, suhu badan tinggi, keluar darah dari mulut, hidung, dan telinga, serta sekujur tubuh akan membusuk dan berwarna hitam. Sapi yang terserang penyakit ini harus segera diisolasi agar tidak menularkan penyakit pada ternak sapi yang lain.

2. Surra
Surra merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Jenis penyakit ini sangatlah berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian dalam jumlah yang besar. Bagian tubuh sapi yang diserang oleh bakteri penyebab Surra adalah bagian syaraf pusat. Jadi tak heran jika ternak sapi yang terkena penyakit ini kemungkinan sembuhnya akan kecil karena mengalami kerusakan pada syarafnya. Jika ada ternak sapi yang mati akibat Surra, sebaiknya dikubur dalam-dalam atau dibakar untuk memutuskan mata rantai bakteri penyebab penyakit Surra.

3. Kuku Busuk
Jenis penyakit ini disebabkan oleh kuman yang masuk melalui sela-sela kuku sapi. Kuman ini bisa masuk melalui luka pada kuku sapi. Perkembangan kuman pada kuku sapi cukup cepat dan bila tidak segera ditangani bisa melumpuhkan sel-sel yang ada di telapak kaki sapi sehingga sapi akan kesulitan berjalan.

Jenis penyakit sapi yang disebutkan diatas tidak bisa disepelekan karena bisa mengakibatkan kematian. Jika ternak sapi Anda mengalami gejala terserang penyakit, sebaiknya segera ditangani agar penyakit tidak menular pada ternak yang lain. Beberapa penyakit juga bisa menular pada manusia. Peliharalah kebersihan kandang ternak agar beberapa penyakit berbahaya diatas tidak menyerang ternak sapi yang Anda miliki.