Penyakit Cacingan Obat Hewan Ternak Sapi

Penyakit Cacingan Obat Hewan Ternak Sapi

Penyakit cacing pada hewan ternak sapi adalah salah satu masalah yang lumayan serius. Obat hewan diperlukan untuk mengatasinya agar sapi dapat disembuhkan. Penyakit cacing yang dibiarkan pada sapi akan membuat tubuh sapi menjadi kurus dan tidak segar, daya tarik pelanggan untuk membeli sapi pun menurun. Namun sayangnya, pengetahuan mengenai pemberian obat cacing ini masih sangat minim, terutama bagi para peternak sapi yang jauh dari perkotaan.

Cacing pada sapi biasanya hidup di bagian saluran pencernaan dan hati. Hal itu akan sangat jelas diketahui ketika sapi disembelih dan mulai dilihat pada organ-organ tersebut, akan terlihat cacing yang masih hidup. Penyakit cacingan memang tidak secara langsung menyebabkan kematian pada hewan ternak, namun dari segi produktivitas sapi akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Ada beberapa macam jenis cacing yang dapat menyerang sapi, sifatnya adalah seperti parasit yang menempel dan menyerap nutrisi pada dari tubuh inang. Secara bentuknya, cacing yang menyerang hewan ternak ada 3 jenis, yaitu trematoda, nematoda dan castoda. Umumnya cacing yang menyerang sapi adalah cacing jenis trematoda, bentuknya pipih dan menempel pada organ hati atau usus.

Pemberian obat hewan pada sapi perlu adanya, minimal obat cacing untuk meminimalisir dampak cacing yang ada. Hampir semua cacing yang menjadi parasit pada ternak berkembang biak dengan cara aseksual. Telur yang dihasilkan oleh cacing keluar dari tubuh ternak lalu menginfeksi siput, setelahnya akan menempel pada rerumputan yang dimakan sapi. Ketika termakan itulah cacing masuk ke dalam tubuh sapi.

Obat hewan yang biasanya dapat diberikan pada sapi adalah dengan memberikan valbazen yang di dalamnya terdapat kandungan albendazole untuk membunuh cacing. Obat tersebut sangat ampuh untuk mengobati sapi yang terkena penyakit cacing. Cara lain adalah dengan memberikan obat devonix pada sapi, dosis yang diberikan adalah 0,4 ml per kilo berat sapi. Dalam sehari diberikan sampai 3 kali. Itulah cara yang dapat dilakukan untuk membasmi cacing pada hewan ternak, terutama sapi.