Peralatan Ternak untuk Mendukung Proses Pembibitan Ternak

Peralatan Ternak untuk Mendukung Proses Pembibitan Ternak

Dalam usaha ternak, ada tiga faktor signifikan yang harus diperhatikan pemilik usaha: bibit sapi berkualitas (breeding), pakan (feeding) dan pengelolaan (management) ternak yang baik. Faktor terakhir adalah pengelolaan ternak dan tempat pembiakkan ternak yang bisa menggunakan peralatan khusus ternak dalam prosesnya. Apa saja peralatan ternak yang dibutuhkan untuk sebuah usaha ternak?

Setiap ternak memiliki kandangnya masing-masing, dan biasanya perlengkapan dan peralatan ternak ditaruh di sini. Kandang dibuat untuk menjaga ternak agar tidak keluar-keluar dan tidak hilang. Kandang yang kuat juga dapat melindungi ternak diserang hewan buas atau dicuri oleh orang. Dalam sebuah kandang tentu ada tempat pakan dan minum ternak yang biasanya terbuat dari kayu atau bambu yang dibelah. Ukuran disesuaikan dengan tinggi rata-rata satu jenis ternak agar pemberian makanan tidak menjadi sulit. Anda dapat mencoba untuk membeli tempat minum otomatis atau niplek driker di mana air tersedia setiap saat tanpa harus diisi kembali secara manual. Jangan lupa memasang lampu untuk penerangan kandang agar dapat memudahkan pengontrolan ternak pada malam hari. Ternak juga pasti akan mengeluarkan banyak kotoran, sehingga pasanglah kolong kandang di bawah kandang untuk menampung kotoran menumpuk dengan mudah. Buatlah kolong kandang yang juga mudah dibersihkan. Anda juga bisa menggunakan kotoran ternak sebagai pupuk organik, yang tentunya telah terbukti sejak dulu menyuburkan tanaman secara alami.

Peralatan kandang mencakup ember untuk pemberian minum ternak atau pengangkutan pakan. Anda juga akan memerlukan timbangan ternak untuk mengukur berat badan ternak saat lahir atau pada saat hendak dijual untuk keperluan qurban, misalnya. Tidak hanya timbangan untuk ternak, timbangan pakan juga sebaiknya digunakan untuk mengontrol pemberian pakan pada ternak. Jangan sampai Anda telah menyemai rerumputan dengan banyak, namun ternyata ternak tidak menghabiskan pakan tersebut.

Kira-kira begitulah perlengkapan dan peralatan ternak yang baik untuk mengelola usaha ternak Anda. Peralatan tersebut dapat ditemui dengan mudah di pasar atau Anda bisa saja membuatnya sendiri sehingga lebih menghemat biaya. Yang patut dicatat adalah, dengan perlengkapan ternak yang memadai akan membantu proses pengembangan ternak menjadi lebih baik.