Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menentukan Tempat Jual Sapi Potong Langganan

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menentukan Tempat Jual Sapi Potong Langganan

Meningkatnya kebutuhan akan gizi yang didapat dari daging sapi menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha untuk menyajikan makanan yang berbahan dasar daging sapi. Untuk menunjang usahanya, diperlukan tukang jual sapi potong yang menjual daging sapi dengan kualitas baik serta konsisten menjaga kualitasnya tersebut. Untuk itu, bagi yang sedang mencari pemasok daging sapi bagi usaha kuliner Anda, beberapa hal ini patut untuk dijadikan perhatian.

Ketahui dan pahamilah istilah-istilah yang lazim digunakan dalam perdagangan daging sapi. Istilah ini akan banyak membantu Anda dalam menentukan kualitas seperti apa daging sapi yang Anda butuhkan. Istilah tersebut yaitu, bobot potong, bobot karkas, bobot komponen karkas, dan bobot potongan komersial karkas. Bobot potong merupakan bobot sapi sebelum disembelih dan telah dipuasakan. Bobot karkas adalah bagian setelah pemotongan dikurangi darah, kepala dan keempat kaki sapi. Bobot komponen karkas adalah bagian karkas setelah dipisahkan yang terdiri dari daging, trim lemak, dan tulang. Sedangkan bobot komersial karkas adalah bagian dari masing-masing potongan seperti sirloin dan tenderloin. Dengan memahami istilah ini akan memudahkan Anda menemukan kriteria sapi yang cocok.

Setelah mengetahui dan menentukan bagian daging mana yang diperlukan, baru dapat dilihat jenis sapi, jenis kelamin, dan umur yang cocok dengan bagian daging yang dibutuhkan dan ketersediaannya di tempat jual sapi potong yang Anda tuju. Hal ini dikarekan faktor-faktor tersebut sangat memengaruhi perbedaan bobot potong dan bobot karkas yang dimiliki sapi. Jenis sapi Limosin memiliki bobot potong yang besar dibanding jenis lain. Sapi jantan memiliki bobot karkas yang lebih besar dibanding betina. Dan semakin tua umur sapi berdampak pada bertambahnya lemak di tubuh sapi.

Dengan pertimbangan diatas, Anda dapat menentukan dan mengelola waktu pemotongan sapi. Diskusikan hal ini kepada tempat jual sapi potong langganan Anda. Pastikan Anda dapat menunda melakukan pemotongan jika sapi yang tersedia pada umurnya kemudian belum mencapai target baik bobot potong maupun karkasnya. Hal ini untuk memenuhi kualitas daging secara optimal.