Rumput Lapang Hijauan yang Bagus untuk Pakan Ternak

Rumput Lapang Hijauan yang Bagus untuk Pakan Ternak

Pemilihan pakan ternak yang berkualitas menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan agar ternak tidak mudah sakit. Salah satu pakan ternak yang paling mudah didapatkan adalah rumput lapang hijauan. Meskipun sangat mudah didapatkan, Anda juga harus memilih jenis rerumputan yang baik untuk ternak sapi. Rerumputan harus disukai oleh ternak agar sapi bisa berkembang dengan baik sehingga produktivitas ternak meningkat.

Rumput yang ada di lapangan sering diidentikkan dengan rumput pada padang penggembalaan. Di desa banyak peternak sapi yang memanfaatkan rumput ini untuk pakan ternak sapi. Rumput lapang hijauan merupakan campuran beberapa rumput liar seperti rumput teki, putri malu, babandotan, dan lain-lain. Rumput jenis ini sangat banyak produksinya dan dapat dengan mudah tumbuh di tanah yang bebas seperti lapangan dan pinggir jalan.

Sebagai salah satu sumber pakan ternak, rumput lapangan cukup disukai oleh ternak sapi. Namun sayangnya kandungan gizi pada jenis rumput ini cukup rendah. Dikhawatirkan ternak tidak bisa berkembang dengan baik dan mudah terserang penyakit. Anda harus bisa menemukan solusi agar ternak bisa makan dengan lahap namun kandungan gizinya tetap terpenuhi.

Jika Anda menggunakan rumput lapangan untuk pakan ternak utama, Anda juga harus mencampurkan pakan konsentrat yang berfungsi sebagai penguat. Komposisi campuran rumput lapangan dengan pakan konsentrat adalah 7:3 dimana untuk 70% rumput lapangan konsentrat yang harus ditambahkan adalah sebesar 30%. Pakan konsentrat yang bisa Anda gunakan bisa berasal dari kacang-kacangan, jagung, sekam padi, dan lain-lain. Penambahan pakan konsentrat pada pakan sapi dimaksudkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Banyak kelebihan yang dimiliki rumput lapang hijauan yang menjadikan jenis rumput ini sebagai pakan ternak utama. Selain membuat nafsu makan ternak meningkat, jenis rumput ini juga mudah tumbuh di sembarang tempat terutama tanah yang lapang dan jumlah produksinya pun cukup banyak. Meskipun kandungan gizinya cukup rendah, namun banyak peternak yang menyiasatinya dengan mencampur jenis rumput ini dengan kacang-kacangan agar kebutuhan gizi ternak sapi tercukupi.