Rumput Lapang yang Paling Bagus untuk Ternak

Rumput Lapang yang Paling Bagus untuk Ternak

Kualitas dari produk peternakan tidak lepas dari hal pakan yang diberikan kepada ternak. Peternak di wilayah pedesaan umumnya menggunakan rumput lapang untuk memenuhi kebutuhan utama hijauan utama untuk sapi ternaknya. Rumput ternak jenis rumput lapang ini juga sering dijadikan pakan utama untuk sapi ataupun domba, walaupun untuk domba lebih sering menggunakan daun-daunan sebagai hijauan utamanya. Hijauan sendiri adalah sumber makanan pokok untuk ternak, utamanya adalah ternak golongan ruminansia. Selain sumber tenaga dan bermanfaat untuk pertumbuhan, hijauan juga berperan dalam hal reproduksi ternak.

Syarat hijauan yang baik bagi ternak adalah bersifat mudah dicerna, nilai gizinya tinggi, dapat tumbuh kembali, dan disukai oleh ternak. Hijauan untuk pakan ternak dibagi menjadi golongan rumput-rumputan dan leguminosa. Rumput lapang adalah salah satu jenis rumput ternak yang disukai karena memiliki protein yang memang rendah (6,51%) namun Total Digestible Nutrient (TDN) yang dimiliki cukup baik, yaitu sebesar 49,65%. Umumnya penggunaan rumput lapang tidak sendirian karena nilai gizinya yang tidak terlalu tinggi, sehingga sering dicampur dengan konsentrat untuk memenuhi nilai gizi lainnya. Biasanya peternak menggunakan perbandingan 70:30 untuk komposisi rumput lapang banding konsentrat.

Rumput yang dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah ini terkenal dengan kemampuannya yang dapat bertahan di hampir semua kondisi cuaca. Hal ini menyebabkan jenis pakan ini disukai terutama saat musim kemarau. Keunggulan lainnya adalah perkembangannya yang cepat dan persebarannya pun luas. Diantara jenis rumput lapang yang sering diberikan untuk ternak adalah rumput paitan, rumput lamuran, dan rumput kawatan. Tumbuhan lainnya yang juga sering ditemukan pada rumput lapang adalah babandotan dan jajahean.

Berbagai jenis rumput yang termasuk pada rumput lapang tersebut termasuk bagus untuk ternak. Rumput jenis ini pun relatif disukai oleh ternak, bahkan nama lain rumput paitan adalah rumput kerbau karena terkenal disukai oleh ternak kerbau, sapi, kambing ataupun domba. Namun, hendaknya tetap perlu diperhatikan komposisi rumput lapang sebagai rumput ternak untuk hijauan dalam pakan ternak Anda, mengingat nilai gizinya yang tidak besar.