Rumput Odot Sebagai Pilihan Pakan Ternak Anda

Rumput Odot Sebagai Pilihan Pakan Ternak Anda

Seorang peternak tentu didorong untuk memahami segala kebutuhan ternaknya terutama pakannya. Pakan menjadi sesuatu yang vital dikarenakan berhubungan langsung dengan tumbuh kembang ternak. Ternak seperti sapi, kambing, domba, kuda hingga kelinci memakan rumput sebagai makanan pokoknya. Namun, tidak semua jenis rumput cocok untuk dimakan serta memiliki nutrisi yang dibutuhkan. Rumput odot atau bernama latin Pennisetum purpureum cv. Mott ini merupakan salah satu dari jenis rumput yang dapat dijadikan pilihan untuk kebutuhan pakan ternak Anda. Rumput yang termasuk kedalam varietas rumput gajah kini sudah banyak tersedia di berbagai wilayah di Indonesia.

Rumput ini kerap juga disebut dengan sebutan rumput gajah cebol. Hal ini dikarenakan jarak antar ruasnya hanya 1-4 cm. Berbeda dengan varietas lain yang dapat mencapai 10-12 cm. Tidak hanya jarak antar ruasnya saja yang pendek tetapi juga memiliki tinggi maksimal 1,5-2 meter bahkan ketika saatnya berbunga. Berbeda dengan rumput gajah lainnya, tumbuhan ini memiliki bulu yang halus dan jarang serta batang yang tebal.

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh rumput odot menjadi nilai tambahnya tersendiri dibanding jenis rumput lainnya. Protein kasarnya tergolong tinggi, yakni mencapai 12-14%. Dengan memiliki jarak antar ruas yang pendek, otomatis tanaman ini memiliki bagian daun yang dominan. Ini menguntungkan karena nutrisi lebih banyak terkandung pada bagian daun dimana bagian tersebut lebih mudah untuk dimakan oleh hewan ternak. Selain itu, tekstur batang dan daun yang lunak juga membuatnya lebih mudah dicerna sekaligus menjadi makanan kesukaan hewan ternak Anda.

Cara menanam dan membudidayakannya juga tergolong mudah karena rumput ini dapat beradaptasi di berbagai cuaca serta tumbuh dengan cepat. Anda juga cukup satu kali menanam bibit untuk memanennya berulang kali. Namun, tempat untuk menanamnya perlu diperhatikan agar bibit tidak tergenang dan mati. Selain itu juga, karena rumput odot ini memiliki tekstur batang yang lunak,tak heran jika sering menjadi santapan ayam. Poin-poin inilah yang perlu diperhatikan khusus agar bibit dapat tumbuh dengan optimal.