Sapi Anda Kurus Karena Cacingan? Begini Obatnya

Sapi Anda Kurus Karena Cacingan? Begini Obatnya

Sapi Anda kurus karena cacingan? Begini obatnya. Sapi yang cacingan memang harus segera ditangani agar tidak menimbulkan penyakit yang lebih serius. Banyak para peternak yang kebingungan mengenai obat untuk mengatasi sapi yang cacingan. Terlebih lagi bagi para peternak yang tinggal jauh dari perkotaan, tentu sulit untuk mendapatkan obat cacing untuk sapi secara instan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa obat alami yang dapat digunakan untuk menangani sapi yang cacingan. Dengan menggunakan obat alami yang terbuat dari berbagai tanaman herbal, selain lebih efektif, juga tidak menimbulkan efek samping apapun.

Beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk cacingan pada sapi di antaranya adalah bawang putih, pinus, jahe, biji pinang, biji labu, pepaya, tanaman karet, dan jenis-jenis tanaman yang memiliki kandungan tanin yang tinggi. Cara mengolahnya cukup mudah. Jika Anda ingin menggunakan bawang putih, cukup siapkan sekitar 4 siung bawang putih kemudian hancurkan, lalu campurkan dengan konsentrat. Bawang putih memiliki sifat sebagai anti biotik alami sehingga dapat berguna sebagai anti cacing yang sangat efektif. Bukan hanya bawang putihnya saja, daunnya juga ternyata sangat bagus untuk dijadikan sebagai obat cacing.

Obat alami berikutnya adalah Anda bisa menggunakan biji buah pepaya. Carica papaya atau biji buah pepaya ini terbukti dapat digunakan sebagai anti cacing yang ampuh. Untuk digunakan sebagai pengobatan, Anda dapat menumbuk biji buah pepaya yang kering hingga lembut. Kemudian campurkanlah dengan satu gelas air. Berikan larutan ini sebanyak sekali dalam satu hari. Berikan pada sapi Anda selama 2 hingga 3 hari.

Menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi cacingan pada sapi dinilai lebih efektif dibandingkan menggunakan obat kimia. Selain lebih mudah didapatkan, khasiatnyapun jauh lebih ampuh. Untuk membuktikannya, Anda dapat segera mencobanya dan berikan pada sapi Anda yang terkena cacingan. Selain sangat ampuh, obat cacing dari tanaman herbal ini juga dapat memudahkan para peternak desa yang jauh dari tempat pembelian obat-obatan untuk hewan ternak.