Sapi Mengalami Katarak? Apa Obat Katarak Sapi?

Sapi Mengalami Katarak? Apa Obat Katarak Sapi?

Sapi merupakan salah satu hewan pilihan untuk diternakan. Selain perawatan yang mudah, daging dan susu sapi merupakan salah satu komoditi perdagangan yang selalu dibutuhkan masyarakat. Namun yang perlu diwaspadai adalah apabila sapi terserang berbagai jenis penyakit seperti; cacingan, anthrax, diare dan lainnya. Namun, pernahkah Anda mendengar penyakit katarak pada sapi? Lalu seperti apa obat katarak sapi? Tapi terlebih dahulu kita perlu tahu seperti apa katarak pada sapi, berikut ciri cirinya;

Jika Anda mendapatkan mata sapi berwarna kemerahan, selalu berair dan timbul borok atau lubang di area selaput lendir berwarna keputihan di mata, maka sepatutnya untuk waspada karena sapi Anda kemungkinan terkena penyakit katarak sapi. Saat terkena penyakit ini, biasanya sapi cenderung menjulingkan mata untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Maraxella Bovis dan virus. Sebaiknya Anda segera melakukan tindakan karena penyakit jenis ini dapat menular ke ternak yang lain lewat perantara kontak serangga yang terbang atau iritasi debu.

Apabila sapi telah terkena katarak, lebih baik kita segera melakukan pengobatan agar tidak semakin parah dan menular ke ternak yang lainnya. Penyakit kataak pada sapi bisa membuat sapi sampai tidak bisa melihat. Hal itu tentu merugikan peternak dan sulit untuk memacu performa pada sapi.  Berikut obat katarak sapi secara alami;
Pertama, pastikan kita bersihkan dulu mata sapi, kemudian ditetesi dengan larutan tembakau dibiarkan selama 3-5 menit kemudian kita bersihkan kembali mata sapi dari kotoran yang keluar agar tidak dikerubungi lalat dan menyebabkan korengan. Atau bisa menggunakan larutan jeruk nipis yang dicampur obat antibiotik yakni penicillin ( Pen & Strep). Obat Pen & Strep diambil sebanyak 30ml dan jeruk nipisnya sebanyak 1 buah yang diambil airnya. Campuran 30ml Pen & Strep dan air jeruk nipis diaduk lalu disprotkan pada mata sapi. Obat Pen & Strep dapat dibeli di kami dengan hubungi no (0812-9123-2007). Obat yang bisa dioles atau disemprotkan selama 1-3 hari hingga mata sapi kembali sembuh.

Lalu bagaimana tindakan pencegahannya agar ternak kita terhindar dari katarak? Tentu pertama kita harus menjaga kebersihan sapi dan kandang agar tetap bersih. Selain itu usahakan kandang memiliki sanitasi yang baik. Segera pisahkan sapi yang terinfeksi dengan sapi yang lainnya agar tidak tertular dan lakukan penanganan yang tepat. Kontrol yang teratur perlu dilakukan agar ternak sehat dan produksi menjadi maksimal. Demikian artikel tentang obat katarak sapi, semoga bermanfaat.