Sudahkah Anda Tahu Ciri-Ciri Sapi Sehat?

Sudahkah Anda Tahu Ciri-Ciri Sapi Sehat?

Hewan ternak merupakan salah satu komoditas perekonomian dunia, terutama bagi para peternak. Dalam hal ini tentu sangat merugikan apabila menemukan hewan yang diternakan seperti sapi memiliki penyakit. Sebenarnya untuk melihat apakah sapi itu sehat atau tidak, dapat kita lihat dengan kasat mata. Berikut indikasi atau ciri-ciri sapi sehat secara umum;

Pertama, anggota tubuh lengkap dan tidak cacat, berdiri dengan seimbang, kaki kaki kuat, terlihat simetris dan tidak pincang. Kedua, mata cerah bersih tak ada kelainan seperti, berair, kotoran dan luka di sudut mata, bercak kemerahan pada pupil serta adanya selaput berwarna putih seperti katarak. Ketiga, nafsu makan agak rakus dan minum teratur. Keempat gerakan lincah, telinga sering digerakkan, memamah biak bila istirahat.

Kelima, bulu atau rambut tidak kusam, tidak kusut, bersih dan halus. Dalam keadaan normal bulu akan rontok bila ditarik namun jumlahnya tidak banyak. Tapi jika kerontokannya dalam jumlah banyak mungkin sapi dalam kondisi kurang sehat. Keenam, mulut sapi tidak berlendir, mukosa pada hidung terlihat basah serta tidak berbau/pucat. Ketujuh, kotoran normal tidak terlalu kering atau basah. Terakhir, kulit elastis atau kenyal dan tidak memiliki penyakit kulit. Selain ciri-ciri sapi sehat yang disebutkan, beberapa faktor lingkungan mungkin juga perlu diperhatikan agar dapat menjaga sapi tetap sehat dan terhindar dari penyakit

Apabila sapi sehat, sudah tentu akan memiliki harga yang bersaing, lebih menguntungkan dan resiko kerugian bisa dihindari. Selain itu, untuk menghasilkan daging sapi yang berkualitas tinggi sudah pasti bahwa kondisi sapi harus sehat. Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ternak agar tidak mengalami kerugian baik saat membeli, beternak, ataupun saat menjual.

Melihat kondisi pasar pada zaman sekarang, tentu perlunya edukasi kepada para peternak lokal Indonesia agar kualitas sapi di Indonesia bisa bersaing di negeri sendiri bahkan bersaing di pasar internasional. Jadi, itulah beberapa ciri-ciri sapi sehat yang harus diperhatikan baik dalam pembelian atau saat sapi sedang diternakan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.