Teknik Jual Sapi Bakalan Berkualitas

Teknik Jual Sapi Bakalan Berkualitas

Menjadi tukang jual sapi bakalan atau disebut juga dengan bibit sapi dapat dikatakan gampang-gampang susah. Diperlukan ketelitian serta ketelatenan untuk menghasilkan sapi bakalan dengan kualitas bagus. Hal ini dikarenakan sapi bakalan menjadi faktor yang penting dalam kesuksesan upaya penggemukan sapi dan tentunya lebih berpeluang untuk menghasilkan sapi potong yang berkualitas.

Dalam perjalanannya, di Indonesia sendiri masih terbilang minim para pelaku usaha yang menjual sapi bakalan. Pengembalian investasi yang terbilang lama serta resiko tidak berkembangnya bibit menjadi alasan utama. Oleh karena itu ketersediaan sapi bakalan masih bergantung pada impor. Dari sinilah diperlukan teknik khusus agar produksi sapi bakalan yang Anda usahakan berkualitas super dan dapat bersaing dengan kualitas sapi impor.

Pertama-tama sesuaikan jenis sapi bakalan dengan tempat beternak dan tempat jual sapi bakalan yang Anda pilih. Beberapa jenis sapi tidak cocok dengan cuaca yang panas seperti jenis sapi Limosin. Jadi, jika Anda ingin menghasilkan sapi bakalan berjenis Limosin hindari tempat yang panas. Pemilihan tempat yang sesuai jenis dapat memengaruhi perkembangbiakan sapi. Setelah menentukan jenis yang ingin diternakkan, untuk menghasilkan sapi bakalan yang secara kontinu berkualitas baik maka diperlukan usaha untuk memperpendek jarak beranak sapi dengan selalu menyiapkan pejantan unggul yang dikandangkan. Pengandangan diperlukan untuk memperkirakan masa birahi pejantan sehingga dapat dikontrol. Selain itu juga diperlukan pengembangan teknologi dalam hal inseminasi buatan untuk memproduksi sapi jenis lain yang lebih berkualitas.

Pemberian pakan juga menentukan kualitas sapi bakalan. Ketersediaan pakan juga menjadi salah satu tantangan utama dalam usaha sapi bakalan. Perkembangan populasi sapi yang dibarengi dengan lahan yang makin terbatas dapat ditanggulangi dengan crop livestock system. Sistem ini memungkinkan para peternak untuk menghasilkan pakan yang berkualitas dengan menggunakan limbah perkebunan dan pertanian yang didapat di lingkungan peternakan. Daging yang berkualitas dapat diprediksi dari bentuk tubuh sapi, sehingga terus memperhatikan bentuk tubuh sapi agar terus proporsional menjadi penting. Setelah menginjak umur 2,5 tahun, sapi bakalan sudah masuk di waktu jual sapi bakalan yang tepat.