Tips Dasar Bermain Panahan

Tips Dasar Bermain Panahan

Bermain panahan bukan hanya sekedar aktivitas sejenis olahraga, akan tetapi juga merupakan sebuah hobi. Bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia panahan, maka wajib untuk mengetahui tips dasar bermain panahan. Hal yang paling utama untuk diketahui adalah bagaimana cara memasang tali yang benar sehingga busur tidak patah. Posisi nocking point juga merupakan salah satu aspek penting yang tidak boleh dilewatkan untuk dipelajari. Sedangkan untuk beberapa hal lainnya yang harus dipahami dalam panahan adalah:

 

1. Posisi berdiri

Salah satu posisi berdiri yang dianjurkan adalah square stance karena dapat dengan mudah diulangi dan hanya diperlukan pengambilan garis lurus pada target. Posisi badan yang tegak dan kaki yang dibuka selebar bahu merupakan posisi square stance yang paling tepat.

 

2. Set

Set yang dianjurkan adalah dengan memegang busur pada pusatnya dan harus rileks. Untuk memegang string pun harus dilakukan dengan finger tab. Demikian pula dengan nock, usahakan untuk tidak menjepitnya. Set diakhiri dengan set up dimana pemanah harus menoleh ke arah target. String perlu ditarik sedikit saat posisi set up agar posisi tangan yang memegang busur menjadi lebih stabil dan siku tidak berubah posisinya.

 

3. Memasang anak panah

Untuk mengetahui apakah anak panah yang dipasang sudah tepat, maka perlu diperhatikan bunyi klik yang terjadi. Jangan sampai terlalu kencang karena akan berpengaruh ke akurasi namun juga jangan terlalu longgar. Dikhawatirkan jika terlalu longgar nantinya anak panah tidak akan mengenai target namun mencelakai pemanah sendiri.

 

4. Menarik

Teknik menarik yang benar adalah ketika string yang ditarik dapat menyentuh hidung sambil pemanah tetap mempertahankan posisi tangan yang memegang busur untuk tetap lurus. Kepala tetap tegak dan pastikan bahu kiri dan kanan tetap sejajar. Selanjutnya dapat dilakukan teknik membidik namun jangan sampai terlalu fokus pada target hingga melupakan teknik mempertahankan posisi yang benar. Begitu pula saat melepas string. Pastikan otot punggung tetap menarik string dalam kecepatan yang sangat lambat.