Tips Jika Sapi Terkena Kembung

Tips Jika Sapi Terkena Kembung

Kembung merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai pada hewan ternak seperti sapi. Meskipun bisa diatasi, akan tetapi bila sapi kembung lolos dari pengamatan, maka akan dapat menyebabkan kematian. Penyebab kembung adalah tidak bisa keluarnya gas yang terbentuk saat proses pencernaan. Berdasarkan tipe gas yang dihasilkan, kembung dibagi menjadi dua, yaitu kembung yang disebabkan oleh gas bebas pada rumen, dan kembung yang disebabkan oleh gas yang terperangkap dalam busa-busa rumen sapi. Berdasarkan tingkat keparahan, kembung dibedakan menjadi kembung ringan, kembung sedang, dan kembung berat.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengatasi sapi kembung adalah mengganti rumput segar dengan rumput kering dan menempatkan bagian depan ternak pada posisi yang lebih tinggi untuk membantu mengeluarkan gas dari dalam rumen. Apabila gas masih belum dapat dikeluarkan, atau perut masih terlihat membesar, dapat dicoba dengan memasukkan selang melalui mulut, esofagus, sampai ke rumen untuk mengeluarkan gas melalui selang. Keluarnya gas dapat dicek dengan meletakkan kertas tisu di ujung selang. Tisu tersebut akan bergerak karena tiupan gas dari selang. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menusukkan trokar pada perut kiri atas belakang rusuk. Cara ini sebaiknya dilakukan apabila alternatif lain tidak berhasil. Penusukan dengan trokar akan menyebabkan gas keluar dari trokar tersebut. Penggunaan obat berupa anti kembung juga bisa dilakukan, dan dapat diperoleh di toko obat hewan.

Beberapa cara untuk mencegah sapi kembung adalah sebagai berikut. Pertama, tidak memberikan pakan hijauan berusia muda pada pagi hari. Kedua, apabila sapi diumbar jangan pada saat perut kosong dan sebaiknya diberikan rumput kering terlebih dahulu. Ketiga, amati sekitar dua jam setelah pengumbaran apakah ada gejala terjadinya kembung seperti perut membesar. Keempat, sapi yang sering mengalami kembung, dapat dipertimbangkan untuk di culling untuk meminimalis pengeluaran obat. Hal-hal diatas dapat dilakukan untuk mencegah dan menangani bila terjadi kembung pada sapi. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi para peternak yang mengalami kembung pada sapi ternaknya.