Tips Membangun Kandang Sapi

Tips Membangun Kandang Sapi

Bagi Anda yang memiliki ternak sapi, ada banyak faktor yang harus Anda perhatikan agar ternak yang Anda miliki bisa berkembang dengan baik. Salah satu faktor utama yang sangat penting adalah kondisi kandang sapi. Membangun kandang sapi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena jika salah malah akan membuat sapi stres dan tidak nyaman berada di kandang. Agar bisa membangun kandang yang bagus dan nyaman, berikut ini adalah beberapa tips membangun kandang sapi yang bisa Anda praktikkan.

1. Menentukan lokasi kandang sapi yang tepat
Lokasi kandang sapi yang tepat berada agak jauh dari pemukiman warga serta dekat dengan sumber pakan. Ketahui dulu jenis pakan yang cocok untuk ternak sapi agar ternak tetap sehat dan jauh dari penyakit. Tujuan peletakan kandang yang jauh dari pemukiman warga adalah untuk menciptakan suasana yang nyaman serta menghindari gangguan yang bisa mengakibatkan sapi mudah stres. Selain itu agar terhindar dari pencemaran lingkungan seperti bau yang dapat mengganggu warga sekitar.

2. Tahap pembuatan kandang sapi
Tips membangun kandang sapi selanjutnya adalah pembangunan kandang sapi dengan menyiapkan bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan. Anda harus memperhatikan bagian dinding kandang, atap, serta lantai. Jika modal yang Anda miliki tidak banyak, Anda bisa menggunakan bahan yang Anda di sekitar lokasi. Namun, Anda harus tetap mengutamakan kenyamanan dan keamanan ternak sapi.

3. Menentukan sistem penambatan sapi
Dalam hal ini Anda harus menentukan apakah sapi akan ditambatkan dibawah atau diatas. Jika sapi ditambatkan dibawah, sapi tidak akan mudah terjerat oleh tali tetapi tali yang digunakan akan cepat rusak. Sebaliknya, penambatan diatas akan membuat tali tidak mudah rusak namun sapi akan mudah terjerat oleh tali. Pilih sistem penambatan yang sesuai dengan kondisi kandang sapi.

4. Menentukan Arah Kandang Sapi
Sebaiknya kandang sapi mengarah ke timur, agar matahari pagi dapat terus menyinari kandang sapi dengan baik.

5. Sumber Air
Air sangat-sangat berpengaruh dalam dunia peternakan. Sumber air yang mudah adalah salah satu poin penting dalam penentuan lokasi pembangunan kandang sapi, karena air berguna sebagai minum ternak, untuk memandikan ternak, membersihkan kandang, dan sewaktu-waktu jika musim kemarau untuk menyiram hijuan pakan ternak.

6. Lantai Kandang
Sebaiknya lantai kandang dibuat berarsir agar kandang tidak licin agar menghindari ternak terpeleset jatuh. Dan yang lebih baik lagi lantai kandang diberi alas berupa karpet sapi yang terbuat dari karet supaya ternak merasa nyaman dan bisa mengoptimalkan pertumbuhan ternak.

7. Sirkulasi Udara
Sirkulasi udara yang keluar masuk kandang sangat penting bagi ternak, karena zat amonia yang terkandung pada kotoran sapi dapat menyebabkan sapi sakit, sehingga sirkulasi udara yang baik sangat berguna untuk kenyamanan ternak.

Dengan mengetahui tips membangun kandang sapi yang sudah disebutkan diatas, maka Anda bisa merancang desain kandang yang sesuai dengan keinginan Anda dan juga besarnya dana yang dibutuhkan. Pastikan kebersihan kandang tetap terjaga agar ternak sapi Anda bisa berkembang dengan baik.