Tips Mengurangi Bau di Area Peternakan

Tips Mengurangi Bau di Area Peternakan

Ternak pemakan konsentrat memiliki bau kandang yang lebih kuat dibandingkan dengan ternak pemakan hijauan. Peternak sangat kesulitan mencari cara praktis, cepat, dan hemat menghilangkan bau kotoran kandang. Ada beberapa tips yang dapat mengurangi bau di area kandang, diantaranya :

Sesering mungkin membersihkan kotoran ternak di kandang adalah cara pertama yang paling efektif. Tampung hasil pembersihan kotoran pada tempat atau lahan khusus sehingga dapat dimanfaatkan atau diolah lagi menjadi pupuk atau biogas. Salah satu cara untuk menghilangkan bau kotoran ternak yang praktis adalah dengan mempercepat proses fermentasi kotoran agar cepat rusak.

Menggunakan Pakan Fermentasi. Pakan yang difermentasi akan mengalami pemasakan sempurna tanpa menghilangkan nutrisi yang dikandung selain menjadikan bahan makanan lebih awet dibanding menyimpan dengan resiko rusak dimakan serangga, jamur atau terkontaminasi bahan berbahaya. Belum lagi jika aplikasi pemberian pakan dengan cara mencampurkan bahan satu persatu. Dengan proses fermentasi bahan makanan lebih mudah diserap sehingga ketika keluar sudah menjadi limbah akhir dengan proses fermentasi menjadi kompos lebih cepat.

Untuk Kandang Sapi Potong maupun Sapi Perah, Perhatikan kemiringan kandang yang ideal dan juga pembuatan selokan air disekitar kandang agar air kencing sapi langsung mengalir keselokan. Jika memungkinkan dibuatkan saluran penampungan air kencing sapi sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk cair.

Ventilasi kandang yang baik. Aliran udara yang bebas dan baik akan sangat mengurangi konsentrasi bau kotoran di dalam kandang. Aliran udara segar yang bebas keluar masuk kandang juga akan lebih menyehatkan ternak yang dipelihara.

Semprotlah kotoran dengan fermentasi EM4. Untuk mengurangi bau, maka yang harus dilakukan adalah mempercepat penguraian kotoran itu sendiri, salah satunya dengan menyemprotkan hasil fermentasi em4 ke kotoran.