Tips Tepat Mengolah Domba Qurban

Tips Tepat Mengolah Domba Qurban

Hewan qurban bervariasi dari kambing, domba, sapi dan kerbau, dan lapaknya bertebaran di mana-mana jika Hari Raya Idul Adha menjelang. Jika di tahun-tahun sebelumnya Anda sudah pernah membeli kambing, sapi dan kerbau, maka sekarang saatnya Anda membeli domba qurban. Namun, jika Anda bingung bagaimana nanti mengolah dan memasak dagingnya menjadi hidangan lezat, ada beberapa tips yang bisa membantu.

Daging domba sebenarnya sangat mudah disiapkan dan dimasak. Jika dimasak dengan tepat, daging domba dapat mengeluarkan aroma harum khas dengan rasa gurih yang lezat. Pengolahan daging domba tidak banyak berbeda dengan daging sapi. Anda dapat merebus, memanggang atau membakarnya seperti biasa. Berkreasilah dengan mengganti steak daging sapi yang sering dikonsumsi menjadi steak daging domba yang lembut dan sama lezatnya jika dipadukan dengan saus topping favorit.

Bagian kaki dari daging domba qurban juga dapat dimanfaatkan dalam pengolahan hidangan kreatif yang cantik dan nikmat. Pisahkan seluruh tulang dari daging dombanya dan potong dalam ukuran medium sebelum diberi baluran rempah-rempah, minyak wijen dan kecap inggris. Lakukan hal yang sama untuk sayur-sayuran seperti brokoli, wortel atau asparagus. Masukkan ke dalam oven untuk dipanggang selama beberapa menit daripada digoreng dalam minyak panci untuk mengurangi kadar lemak hidangan domba Anda.

Kreasi masakan Asia juga dapat diinkorporasikan dengan daging domba. Hidangan mie yang sehari-hari Anda santap dapat dipadukan tumisan potongan jamur dan daging domba yang ditumis hingga lembut dan wangi. Jika Anda tidak menyukai banyaknya minyak yang keluar dari daging domba hasil tumisan, buang saja minyak-minyak tersebut dan tambahkan sayuran lain jika perlu. Seduh mie dan siapkan bumbu-bumbu pelengkapnya. Campur seluruh bahan dan aduk merata. Tambahkan saus kesukaan Anda jika dirasa kurang.

Dari seluruh ilustrasi sederhana tentang penyiapan daging domba tadi, Anda kini tidak perlu takut dan khawatir lagi untuk membeli domba qurban. Hidangan domba memang belum terlalu lazim di Indonesia, namun dengan kreativitas Anda memadupadankan bumbu dan bahan-bahan masakannya, tidak akan menutup kemungkinan bahwa di Hari Raya berikutnya Anda akan terus memasak daging domba dibandingkan daging lainnya.