Usaha Jual Beli Sapi Qurban

Usaha Jual Beli Sapi Qurban

Hari raya Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah telah menghadirkan berkah tersendiri. Beberapa hari sebelum hari raya biasanya sudah mulai ramai orang berjualan hewan untuk berkurban. Hewan-hewan untuk berkurban yang biasanya paling dicari yaitu sapi dan kambing. Keadaan ini membuat usaha jual beli sapi qurban dapat menjadi sumber pendapatan baru. Peternak akan memanfaatkan momen ini untuk dapat menjual hewan ternaknya dengan harga yang relatif lebih tinggi. Meskipun harga yang ditawarkan tinggi, tetapi karena kebutuhan orang akan cenderung tetap membelinya.

Sapi adalah hewan yang ketika sudah memasuki masa dewasa bobotnya dapat mencapai ratusan kilogram. Daging yang dimiliki oleh hewan ruminansia ini telah menjadi favorit masyarakat. Harga per kilogram dari daging sapi juga jauh lebih mahal daripada daging ayam. Statusnya yang merupakan hewan ternak, selain dimanfaatkan dagingnya juga bisa dimanfaatkan susunya. Peternakan sapi di indonesia sendiri jumlahnya banyak. Hewan herbivora ini merupakan salah satu hewan yang dalam agama islam dapat digunakan untuk berkurban. Banyak orang lebih memilih kurban sapi daripada kambing karena alasan dagingnya lebih enak dan lebih banyak.

Sapi qurban dapat mendatangkan banyak rezeki untuk para peternak. Mereka dapat memperoleh keuntungan berlipat ganda daripada hari biasa. Pakan hewan ini relatif murah dan banyak ditemukan. Sapi merupakan hewan herbivora, sehingga untuk mendapatkan makanannya lebih mudah. Pakan sapi biasanya berupa rumput sehingga peternak dapat mencarinya sendiri di sawah jika memiliki sawah atau membeli rumput. Harga rumput juga tidak terlalu mahal.

Jenis sapi yang akan dijual untuk berkurban harus dirawat dengan baik. Kandang harus selalu diperhatikan kebersihannya. Sapi juga harus rajin dilakukan pemeriksaan kesehatannya. Rumput yang digunakan sebagi pakan harus memiliki kualitas yang terbaik. Seseorang yang akan membeli sapi biasannya akan memeriksa terlebih dahulu kondisinya. Hewan untuk kurban tidak boleh cacat dan juga tidak boleh terlalu kurus. Sapi qurban harus memiliki bobot yang berat agar dapat menarik pembeli dan kita memperoleh keuntungan.