Vitamin E untuk Meningkatkan Kesuburan

Vitamin E untuk Meningkatkan Kesuburan

Sama halnya dengan manusia, hewan ternak juga membutuhkan nutrisi untuk kesehatan dan perkembangannya. Salah satu vitamin yang berperan penting dalam kehidupan ternak adalah vitamin E. Vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangbiakan mengingat semua makhluk hidup pasti memerlukan perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya. Penggunaan vitamin E untuk meningkatkan kesuburan bukanlah hal yang asing lagi dilakukan oleh peternak. Umumnya penggunaannya digabungkan dengan Sodium Selenite karena jika berdiri sendiri dipercaya hanya mampu memberikan efek bagi kondisi tubuh dan kulit ternak saja.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Creger dkk, pakan ternak dengan kandungan minim vitamin E dapat mengurangi kesuburan hewan ternak. Tak hanya itu, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh ternak karena vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Adapun penggunaan vitamin E pada karkas ternak ayam adalah 30-50 IU/kg pakan bila diberikan secara adlibitum. Peternak wajib mempelajari lebih lanjut mengenai teknik pemberian tersebut agar sesuai dengan indikasi.

Cara kerja vitamin E terhadap kesuburan adalah dengan melindungi sel dari kerusakan akibat oksidasi. Tak hanya untuk ayam, vitamin E juga efektif untuk meningkatkan kesuburan beberapa hewan ternak lainnya seperti sapi, burung, dan babi. Namun, tentu saja dengan dosis yang berbeda-beda disertai metode pemberian yang berbeda. Tidak hanya ternak betina, namun vitamin E juga dapat diberikan pada ternak jantan sekalipun dalam kondisi yang prima. Namun adakalanya di pasaran Vitamin E yang beredar telah diformulasikan secara kombinasi dengan preparat lain demi memberikan hasil yang optimal kepada indukan ternak.

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan hewan ternak. Oleh sebab itu, yang dapat dilakukan oleh peternak adalah mengantisipasi hal-hal buruk yang dapat menyerang ternak dan menimbulkan ketidaksuburan. Antisipasi ini perlu dilakukan mengingat tidak ada tanda-tanda spesifik yang ditunjukkan oleh ternak yang mandul. Sebelum menggunakannya, sebaiknya peternak membaca anjuran penggunaannya terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Umumnya usia hewan ternak pun harus dicermati karena jika berada pada level tidak produktif lagi maka pemberian vitamin E menjadi tidak tepat sasaran.