Hijauan Pakan Ternak Pilihan Terbaik untuk Penggemukan

Hijauan Pakan Ternak Pilihan Terbaik untuk Penggemukan

Hewan ternak yang gemuk menjadi idaman bagi banyak peternak, pasalnya hewan ternak yang gemuk memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hewan ternak yang memiliki tubuh kurus. Pakan yang terbaik untuk ternak herbivora seperti sapi dengan kualitas unggul adalah hijauan pakan ternak. Kebutuhan pakan hijau bagi hewan ternak seperti sapi mencapai 70%. Mengapa pakan hijau menjadi pakan terbaik untuk ternak, karena pakan hijau ini merupakan sumber tenaga serta penunjang reproduksi hewan ternak tersebut.

Pakan hijau untuk ternak atau lebih mudah disebut dengan hijauan bisa didapatkan dari rumput atau daun hijau yang lainnya. Pakan hijau yang dapat diberikan kepada hewan ternak bermacam-macam alternatifnya, bisa Anda pilih sesuai dengan ketersediaan di lingkungan sekitar Anda. Beberapa pilihan yang banyak tersedia di alam sekitar yaitu rumput gajah, rumput raja, rumput setaria, dan masih banyak rumput lain yang bisa dijadikan sebagai pakan hijau untuk ternak.

Hijauan pakan ternak yang pertama adalah rumput gajah, rumput ini adalah rumput yang paling banyak digunakan sebagai pakan untuk ternak karena banyak ditemukan di alam sekitar. Daunnya juga banyak dan tidak memerlukan waktu lama untuk menanam hingga masa panennya. Rumput gajah bisa ditemukan di wilayah dataran rendah hingga dataran tinggi. Selain bergizi untuk ternak, penanaman rumput gajah juga bisa menahan erosi tanah sehingga rumput ini multifungsi.

Yang kedua ada rumput raja atau king grass, rumput ini merupakan rumput golongan besar seperti halnya rumput gajah. Yang membedakan adalah ciri fisik dari rumput raja ini lebih tinggi dan daun yang lebih tebal dibandingkan dengan rumput gajah. Dengan pemberian rumput raja kepada sapi ternak, dipercaya bobot sapi anda akan bertambah sedikitnya 0,3 kg per hari. Dengan sekali tanam, anda bisa menyediakan cadangan hijauan pakan ternak untuk beberapa bulan bahkan beberapa tahun karena rumput raja akan tumbuh kembali setelah dipotong. Hal ini sangat menguntungkan karena anda tidak perlu berkali-kali menanam rumput untuk pakan ternak anda.

Share This: