Ini Yang Harus Anda Lakukan Jika Sapi Anda Demam 3 Hari

Ini Yang Harus Anda Lakukan Jika Sapi Anda Demam 3 Hari

Beternak merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Sebab di samping dapat dimanfaatkan sendiri, hewan ternak juga dapat dijadikan sebagai penghasilan yang menguntungkan. Salah satu jenis hewan yang sering dijadikan sebagai hewan ternak adalah Sapi. Hewan satu ini memang dikenal sebagai hewan yang cukup menguntungkan jika dijadikan sebagai ternak. Namun hewan ini juga sering kali jatuh sakit, misalnya Demam 3 hari. Demam ini pada dasarnya disebabkan oleh gigitan hewan lain yang bersifat hama, yaitu Nyamuk (Culex sp.). Selain dikarenakan Nyamuk, Demam 3 hari juga dapat disebabkan oleh gigitan Lalat jenis Cullicoides sp. Apabila penyakit ini telah terjangkit pada ternak Anda, maka berikut Ini yang harus Anda lakukan jika sapi Anda Demam 3 hari.

Penampakan nyamuk Culex Sp. yang dapat menyebabkan penyakit demam 3 hari

Pertama Anda harus memberikan obat yang dapat menurunkan panas dari tubuh Sapi Anda. Penyakit dengan nama lain BEF ini (dalam dunia medis), memang memiliki gejala dengan suhu tubuh yang meningkat (demam). Bahkan terkadang Sapi Anda terlihat sedikit pincang saat berjalan. Maka dari itu, Anda harus memberikannya obat yang mampu menurunkan suhu tubuh Sapi. Selain itu Anda juga dapat menggunakan ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit Demam 3 hari ini. Sediakan gula merah secukupnya dan juga garam dapur secukupnya. Kemudian campurkan kedua bahan tadi ke dalam segelas air, lalu diminumkan secara perlahan ke Sapi Anda. Lakukan secara rutin agar tubuh ternak Anda dapat kembali seperti sedia kali.

Di samping memberikan obat dan ramuan tradisional, Anda juga harus memperhatikan aspek konsumsi air pada ternak Anda. Perhatikan apakah Sapi telah mendapatkan asupan air yang cukup atau tidak. Hal ini bertujuan agar Sapi tidak mengalami dehidrasi, serta mencegah semakin buruknya kondisi tubuh ternak. Terlepas dari beberapa cara tadi, penting bagi Anda untuk tetap menanyakan ikhwal sakit yang di derita Sapi Anda. Tujuannya adalah agar Sapi mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan sakit yang dideritanya.

Terakhir, perhatikan pula aspek kebersihan kandang dan ternak Anda sendiri. Rutinlah untuk membersihkan kandang dari kotoran-kotoran Sapi, serta juga rutin untuk memandikan Sapi Anda. Dengan demikian, tubuh ternak Anda tetap mampu berada pada kondisi prima, serta tidak mudah terserang penyakit. Nah, itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit Demam 3 hari pada sapi.

Melakukan pembersihan kandang dengan air untuk meminimalisir adanya nyamuk pada ternak

Share This: