Jika Sapi Anda Tidak Kuat Berdiri, Begini Cara Menolongnya

Jika Sapi Anda Tidak Kuat Berdiri, Begini Cara Menolongnya

Cara Menolong Sapi yang tidak kuat berdiri / Ambruk – Istilah sapi ambruk merupakan suatu kondisi di mana sapi ternak tidak mampu untuk berdiri karena terserang penyakit atau kekurangan zat gizi tertentu. Banyak penyebab terjadinya sapi ambruk yang menyulitkan para peternak untuk memeliharanya. Penyebab tersebut seperti kekurangan zat gizi atau asupan nutrisi tertentu yaitu Kalsium ketika sedang berada dalam masa kehamilan. Kekurangan Kalsium dapat menyebabkan kondisi kaki sapi ternak menjadi rentan, sehingga sapi ternak tidak mampu untuk berdiri ketika usia kehamilan memasuki usia tua. Jika sapi Anda tidak kuat berdiri, begini cara menolongnya:

1. Pastikan untuk memeriksa lantai atau pijakan kaki di kandang sapi ternak.

Usahakan lantai tidak licin atau buatlah permukaan lantai menjadi sedikit lebih kasar. Lantai kandang ternak juga tidak boleh miring, karena akan menghilangkan keseimbangan sapi ternak ketika berdiri.

Lantai yang kasar memudahkan untuk ternak berdiri dan meminimalisir ternak terpeleset

2. Untuk sapi ambruk yang tidak mampu berdiri karena terserang penyakit harus diperiksa terlebih dahulu penyakit apa yang menyerangnya.

Hal ini dilakukan agar dapat dilakukan pengobatan yang tepat sebelum penyakitnya semakin parah. Ada pengobatan tertentu untuk penyakit sapi ambruk. Usahakan jenis pengobatan ini tepat agar sapi ternak tidak mengalami komplikasi lainnya seperti luka dan kembung perut. Selain itu, berikan alas tidur berupa karpet atau jerami yang lebih tebal dari biasanya agar sapi ternak merasa nyaman dan hangat ketika tidur.

Alas karpet akan meminimalisir penyakit yang ditimbulkan ketika sapi tidur atau berbaring

3. Sapi ambruk yang tidak dapat berdiri karena kekurangan zat gizi Kalsium.

cara menanganinya adalah dengan memberikan pakan ternak yang kaya akan zat gizi. Kalsium diperlukan pada hewan ternak, terutama sapi untuk memperkuat dan memperkokoh susunan tulangnya. Jika, dari usia muda sapi sudah kekurangan Kalsium, maka kemungkinan sapi akan mengalami kondisi sapi ambruk.

Macam-macam premix yang bisa diberikan kepada ternak untuk mencegah kekurangan mineral

Cara penanganan yang diuraikan di atas merupakan penanganan yang paling tepat untuk mengatasi kondisi sapi ambruk. Sejatinya, hewan ternak juga merupakan makhluk hidup yang bisa terserang penyakit dan kekurangan zat gizi sama halnya dengan manusia. Jadi oleh karena itulah, sebisa mungkin untuk menjaga dan merawat hewan ternak agar tidak merugikan nantinya.