Cara Mengobati Luka Pada Kuku Sapi

Cara Mengobati Luka Pada Kuku Sapi

Sapi merupakan salah satu ternak yang membutuhkan cara, perawatan, atau juga perlakuan khusus dalam beberapa hal. Jika Anda salah dalam melakukan perawatan, maka banyak penyakit akan mudah bersarang pada sapi-sapi tersebut. Sebagaimana yang diketahui bahwa jenis penyakit pada sapi ada yang menular seperti antraks dan sapi gila. Penularannya bahkan bisa kepada manusia. Namun, ada juga yang tidak menular seperti bau mulut dan kuku busuk yang butuh penanganan yang lama jika sudah terserang penyakit tersebut. sebagai langkah pencegahan, setidaknya Anda mengetahui bagaimana cara mengobati luka pada kuku sapi sehingga tidak sampai mengarah pada foot rot.

Jika sapi mengalami luka pada salah satu bagian tubuhnya bahkan kuku sekalipun, akan banyak kerugian yang menyertainya. Seperti sapi jadi kehilangan nafsu makan, berat badan bisa turun, profil sapi menjadi jelek, kesulitan saat berjalan, bisa menular ke sapi-sapi lain di sekitarnya, bahkan bisa mengarah pada timbulnya penyakit-penyakit lain. Jadi pastikan jika ada luka pada kuku sapi Anda, langsung ada obat yang disediakan.

Adapun Penyebab dari luka pada kuku sapi biasanya diakibatkan oleh kuman bernama Fusiformis necrophorus. Di mana kuman ini dapat bertahan sangat lama pada celah kuku sapi, dan akan berkembang biak jika celah-celah tersebut jarang dibersihkan. Jika kuman-kuman tersebut sudah masuk, maka proses berkembangnya juga akan sangat pesat. Serangan dari kuman ini bisa mengakibatkan bengkak pada jaringan kaki, mematikan selnya, yang kemudian membuat kuku sapi tersebut membusuk dan berbau.

Celah kuku yang kotor dapat menyebabkan berkembangnya Fusiformis necrophorus.

Jika sudah begitu, ada cara yang bisa digunakan untuk mengobati kuku sapi tersebut. Pastikan Anda memiliki larutan atau cairan copper sulphate 3% atau juga bisa formalin 10%. Rendamlah kuku sapi yang terluka atau sudah membusuk pada larutan ini. Cara lain yang bisa digunakan yakni dengan injeksi sulfa atau antibiotik. Namun cara ini harus selalu dalam keadaan kering, tidak lembab. Karena jika dalam keadaan lembab, maka kuman dapat kembali menyerang jaringan kuku yang sudah lebih dulu luka tersebut.

Baca Juga:
Cara Mengobati Luka Pada Kulit Sapi
Masalah Mastitis Pada Ternak Dan Cara Mengobatinya
Cara Mengobati Luka Pada Ternak

Share This: