Pentingnya Kebersihan Kandang Ternak

Pentingnya Kebersihan Kandang Ternak
Pentingnya Kebersihan Kandang Ternak

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik ternak adalah menjaga kebersihan kandang tempat hewan-hewan ternaknya tinggal. Pentingnya kebersihan kandang ternak ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan penghuninya. Maka kewajiban Anda sebagai pemilik ternak harus mendahulukan kebersihan kandang tersebut agar kualitas ternak juga dapat terjaga. Adapun cara yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan kandang ternak dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut, antara lain:

1. Memastikan Desain Kandang Mudah Dibersihkan

Selain harus mencari tempat terbaik untuk meletakkan hewan ternak Anda, hal penting lain yang tidak boleh dilupakan adalah desain kandang. Desain ini berpengaruh pada proses pembuangan veses hewan dan langkah-langkah pembersihannya. Selain itu, memperhatikan desain kandang agar memudahkan pembersihan akan meminimalisir hadirnya bibit-bibit penyakit dan bau yang tidak diinginkan. Tempat terbaik untuk meletakkan kandang itu sendiri adalah jauh dari keramaian, agar ternak tidak gampang stress atau depresi akibat adanya keramaian.

Kandang sapi sebaiknya dekat dengan parit pembuangan kotoran

2. Membuat Jadwal Pembersihan

Jika tempat dan desain sudah Anda pikirkan dengan matang, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal khusus untuk pembersihan kandang. Pastikan untuk rutin membersihkan kandang agar tidak ada bau busuk yang menyengat. Selain itu agar hewan-hewan juga terhindar dari kuman-kuman yang bisa saja hadir lewat kurang bersihnya kandang. Tapi jangan sampai Anda membersihkan kandang ternak pada waktu pagi atau siang hari, karena di waktu tersebut, ternak biasanya sedang mengalami aktivitas metabolisme. Jadi buatlah jadwal pembersihan di sore hari. Hal itu akan membuat ternak Anda lebih nyaman.

Pembersihan kandang harus dilakukan secara rutin pagi dan sore

3. Rutin Pemberian Vaksin

Hal yang tidak bisa diabaikan adalah pemberian vaksin rutin pada hewan ternak Anda. Vaksin ini diberikan kepada ternak baik kambing atau sapi. Tidak hanya ketika sakit, tapi vaksin diberikan sebagai salah satu wujud pencegahan dari penyakit-penyakit dan kuman.

Kebersihan merupakan hal pokok yang jangan sampai diabaikan. Hajat hidup hewan ternak salah satunya sangat bergantung pada tempat tinggalnya. Maka penting kiranya menjaga kebersihan untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga:
Agar Lalat & Nyamuk Tidak Mampir Ke Kandang Anda
Apa Guna Desinfektan?
Cara Menjaga Peralatan Ternak Agar Sapi Tetap Sehat