Tips Memerah Susu Sapi dengan Baik dan Benar

Tips Memerah Susu Sapi dengan Baik dan Benar

Tips Memerah Susu Sapi dengan Baik dan Benar – Memerah susu sapi dibagi menjadi dua kubu, yang pertama pemerahan dengan mesin dan kedua pemerahan dengan tangan kosong.

Apapun Metodenya, Faktanya memerah susu sapi adalah hal yang cukup sulit dan tidak semudah seperti kelihatannya,  harus ada teori dan pendekatan khusus agar susu dapat diperah dengan baik dan benar.

Langsung saja, Berikut adalah tips memerah susu sapi yang baik dan benar

 

  1. Pastikan kandang dan Sapi telah dibersihkan sebelum dilakukan pemerahan
  2. Cuci bersih alat pemerah susu dan pendukungnya seperti milkcan, ember, dan baskom sebelum digunakan.
  3. Selalu dekati Sapi secara perlahan dan tidak melakukan gerakan yang tiba-tiba (usahakan tidak membuat kaget si Sapi). Setelah itu, berkomunikasi dengan Sapi dengan nada pelan dan lembut lalu tepuk sisinya agar si sapi bisa tahu di mana Anda berada.
  4. Hindari posisi krusial dari tendangan sapi, dan hindari barang-barang anda dari posisi krusial tersebut.
  5. Sebelum memerah jangan lupa Bersihkan Ambingnya terlebih dahulu dengan air sabun atau garam. Air sabun hangat karena itu dapat membantu memperlancar keluarnya susu. setelah itu keringkan, bisa dengan tissue atau handuk secara perlahan dan lembut agar tidak mengiritasi ambing.
  6. Pastikan makanan sapi tidak kosong saat pemerahan, Beberapa sapi hanya akan diam pada proses pemerahan jika anda memberikan Sapi dengan jerami atau rumput kesukaannya.
  7. Atur posisi duduk senyaman mungkin karrna seekor sapi bisa menghasilkan 8-10 Liter bahkan lebih dalam sekali perah dan itu akan memakan waktu yang cukup lama.
  8. Berikan pelicin atau pelumas seperti Vaseline atau minyak sawit ke ambing sapi dan tangan Anda untuk menghindari gesekan seminimal mungkin.
  9. Ketika memerah susu secara manual, remaslah ambing secara lembut dan perlahan (Nice and Easy) dengan tangan anda, jika pemerahan dilakukan secara modern pastikan ambing Sapi masuk dengan sempurna ke mesin pemerahan.
  10. Jika proses pemerahan telah selesai jangan lupa untuk selalu membersihkan alat pemerah dan alat pendukung, buatlah alat-alat itu bersih agar bisa nyaman digunakan dihari esok.

Sekian dari saya.
Go Go Go! Peternakan Indonesia!.

Baca juga:
Manfaat Susu Sapi Bagi Kesehatan
Produksi Susu Turun Gara Gara Radang Ambing/Mastitis
Mastitis? Apa Itu? Dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Share This: