Yuk, Kenali Bakteri Baik dalam Kandungan Susu beserta Manfaatnya

Yuk, Kenali Bakteri Baik dalam Kandungan Susu beserta Manfaatnya

Seberapa sering Anda mengkonsumsi susu? Susu merupakan minuman yang kaya akan kandungan gizi, seperti protein, vitamin, kalsium dan mineral. Pada umumnya susu diperoleh dari perasan susu sapi atau kambing yang dikonsumsi setelah melewati tahap pengolahan, seperti UHT (Ultra High Temperature) atau fermentasi. Beberapa ahli kesehatan menyatakan bahwa terdapat kandungan gizi dalam susu yang tidak dapat digantikan oleh sumber lain.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata susu juga mengandung bakteri? Mendengar kata ‘bakteri’, sebagian orang mungkin akan membayangkan jenis mikroba yang dapat menyebabkan penyakit. Padahal sebenarnya, bakteri yang terdapat pada susu merupakan bakteri baik yang berguna bagi kesehatan manusia. Apa saja bakteri baik tersebut?

 

Jenis Bakteri Baik yang Terkandung Dalam Susu

Berikut daftar bakteri baik pada susu yang memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu:

 

  • Lactobacillus

Anda pasti sudah sering dengar mengenai bakteri lactobacillus. Secara umum bakteri ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah kanker. Perlu diketahui, bakteri lactobacillus terbagi dalam beberapa jenis yakni:

 

  • Lactobacillus Casei

Bakteri ini bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri jahat yang hidup di usus, sehingga kesehatan usus dapat terjaga.

 

  • Lactobacillus Plantarum

Bakteri ini menghasilkan asam laktat yang dapat mencegah perut kembung, membantu proses penyerapan vitamin dan antioksidan, serta menghancurkan racun makanan.

 

  • Lactobacillus Casei Shirota Strain

Bakteri ini bermanfaat untuk meningkatkan asam di usus, sehingga menekan perkembangan bakteri jahat.

 

  • Strain Lactobacillus Bulgaricus

Bakteri ini dapat mengurangi aktifitas enzim B-glucuronidase, sehingga mampu mencegah diare.

 

  • Probiotik

Selain lactobacillus, probiotik juga merupakan jenis bakteri baik yang menguntungkan karena berguna menjaga kesehatan tubuh. Salah satu dari manfaat dari probiotik adalah mengendalikan berat badan, sehingga terhindar dari resiko obesitas.

Nah, itulah daftar baik yang terkandung dalam susu. Namun pelu diingat untuk tidak meminum susu sapi maupun kambing secara mentah.Mengapa demikian?  Berdasarkan laporan CDC (United States Centers for Disesase Control and Prevention), dalam susu yang tidak dipasteurisasi ditemukan 81 wabah bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu olah terlebih dahulu susu yang akan Anda minum untuk mendapatkan manfaat dari bakteri baiknya.

 

Sumber referensi:

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150115163049-262-24961/bolehkah-kita-mengonsumsi-susu-mentah

https://www.mymilk.com/milkeveryday/manfaat-susu/bakteri-baik-pada-susu