Sebagai seorang pemotong daging atau lebih dikenal dengan istilah butcher, maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Selain skill atau kemampuan, seorang pemotong daging juga harus memerhatikan beberapa kriteria seperti: hygiene, yaitu ada ikatan dengan kebersihan serta higenitas tempat penyembelihan, baju yang dikenakan, kebersihan tubuh, dan sebagainya. Selain itu, juga harus memerhatikan sanitasi atau proses kebersihan yang dilakukan terhadap alat-alat pemotong serta tempat pemotongan yang jauh dari bakteri dan penyakit. Sanitasi ini haruslah dapat dilakukan oleh semua tukang daging yang menjual daging potongnya dengan baik. Juga harus memerhatikan seperti apa peralatan jagal yang akan digunakan serta tempat jual peralatan jagal dan dari mana mendapatkannya. Untuk itu, perlulah membahas peralatan juga hal harus diperhatikan pada saat memotong daging sapi.

Pisau adalah alat utama yang harus diperhatikan dalam memotong daging. Pisau yang baik adalah pisau yang tajam juga selalu terjaga kebersihan dan steril. Supaya ketajaman pisau terjaga, para pemotong sapi harus selalu senantiasa mengasah pisau tersebut, salah satunya dengan menggunakan sharpness steel atau alat pengasah. Alat ini digunakan untuk meluruskan serta menjaga ketajaman mata pisau untuk memotong daging. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di tempat jual peralatan jagal ternak.

Alat kedua yang digunakan untuk memotong sapi adalah mencer, atau alat untuk membuat daging terasa lebih halus. Alat ini juga dikenal sebagai alat penggiling daging. Alat yang satu ini merupakan salah satu alat jagal yang terbilang mahal, juga menggunakan daya listrik untuk dapat menggunakannya.

Selain itu, untuk dapat memotong daging sapi, Anda akan membutuhkan bonesaw atau sejenis gergaji untuk memotong tulang-tulang yang besar. Atau fungsi lainnya juga untuk memisahkan daging dengan tulangnya. Selain itu, bonesaw (gergaji tulang) juga dapat digunakan untuk memotong daging yang beku dan sulit untuk dipotong.

Begitulah kiranya beberapa peralatan serta hal yang mesti diperhatikan dalam memotong daging sapi. Perlu diingat kembali, Anda harus menjaga kebersihan peralatan memotong daging supaya kesegaran serta keutuhan daging dapat terjadi dengan baik. Juga, belilah peralatan di tempat jual peralatan jagal tepercaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×






Pesan Sekarang
Scroll to Top