Lalat adalah serangga yang termasuk dalam ordo diphtera, dengan sepasang sayap berbentuk membran. Lalat merupakan salah satu spesies yang berperan dalam masalah kesehatan baik hewan ataupun manusia. Banyak lalat yang kita jumpai merupakan gangguan yang menjengkelkan, karena dapat menimbulkan penyakit dan menurunkan produktivitas. Lalat berada dimana-mana, khususnya di kotoran dan pakan ternak.

Lalat akan semakin banyak, jika terdapat luka pada tubuh hewan. Jenis lalat rumah ( Musca) yang memakan darah, sering membawa bakteri yang menyebabkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan. Jenis lalat yang paling merugikan adalah lalat Chrysomia Screw-Worm, banyak ditemui di Asia, termasuk Indonesia. Lalat ini meletakkan telurnya pada luka di tubuh hewan. Telur yang menetas menjadi ulat yang menyebabkan kerusakan, karena ulat-ulat ini mengeram dan makan di dalam daging seputar luka. Akibatnya, sapi akan terserang penyakit Myasis. Gejala-gejala ternak yang terkena penyakit tersebut:

  1. Lesu.
  2. Nafsu makan berkurang.
  3. Bobot badan menurun cepat.
  4. Selalu terlihat gelisah.
Jika tidak segera ditangani, maka peternak sapi akan mengalami kerugian sebagai akibat dari penyakit myasis ini yaitu :
  1. Terjadi malnutrisi.
  2. Produksi susu dan daging turun.
  3. Kematian.

Luka pada hewan sering terjadi akibat perkelahian, kanibal, atau tergores benda tajam. Penyebab luka yang lain seperti serangan caplak, serangga penggigit, atau perbuatan manusia akibat operasi, dll.

Di seluruh dunia, jumlah spesies lalat cukup banyak, yaitu antara 60.000 – 100.000 spesies lalat, tetapi tidak semua berbahaya bagi kesehatan ternak dan manusia. Lalat juga dapat menjadi agen penyakit yang membawa penyakit menular dari ternak yang sakit ke ternak yang sehat. Hampir semua bagian tubuh lalat dapat menularkan penyakit, seperti : bulu badan, bulu pada anggota gerak, muntahan, serta fesesnya.

Berikut adalah obat-obatan yang ampuh untuk menghadapi serbuan lalat:

Toxilat obat lalat ampuh aman untuk ternak cocok untuk peternakan sapi ayam kambing domba kelinci kuda RPA RPH Dapur harga murah bersahabat kualitas terjamin karya anak bangsa jabodetabek yogya semarang

1. Toxilat merupakan obat pembasmi lalat berbentuk serbuk butiran beraroma coffee cream dengan teknologi dari Amerika Serikat dan Jerman paling mutakhir. Secepat kilat melumpuhkan lalat dalam 30 detik. Toxilat obat pembasmi lalat dibuat oleh tenaga ahli yang sangat berpengalaman sehingga lahirlah produk yang sangat efektif, hemat dan dijamin paling murah di kelasnya. Cocok untuk pemakaian di dalam dan di luar ruangan (peternakan, rumah pemotongan hewan/RPH, rumah pemotongan ayam/RPA, dapur, ruang makan, rumah makan, hotel, rumah sakit, dsb) karena metode aplikasinya 3 in 1 pertama di Indonesia.

Gusanex obat luka melindungi dar lalat dan larvanya peternakan sapi kambing domba kuda berkualitas

2.  Gusanex diformulasikan secara khusus untuk mengatasi luka, mempercepat penyembuhan dan mencegah gangguan lalat.

Keunggulan:

Aktivitas residual bertahan lama, sekitar 3-7 hari setelah penyemprotan. Mempunyai kemampuan insektisida dan larvasida. Mampu mengusir lalat. Mengandung bahan antiseptik guna meningkatkan penyembuhan. Mengandung zat aktif untuk menembus permukaan kulit Mengandung zat pewarna untuk memudahkan pemakaian. Aman, bila digunakan sesuai aturan. Gusanex mampu mengatasi penyebaran kuman yang paling buruk dalam waktu 7-20 hari, dengan interval penyemprotan 5-7 hari sekali.

Silahkan hubungi kami apabila anda berminat pada produk tersebut.

www.sapi.co.id/shop

0857-1012-2007  (Telp/SMS/WA)
0812-8965-2007  (Telp)
0877-7295-2007  (Telp)
2BFA6F7A (BBM)

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×






Pesan Sekarang
Scroll to Top