Mengatasi hewan yang sakit lebih baik jika menggunakan obat hewan tradisional. Perkembangan farmasi untuk hewan juga semakin maju, akan tetapi menggunakan obat tradisional juga memberikan efek yang lebih manjur. Obat tradisional tidak memiliki campuran bahan kimia sehingga lebih aman dan tidak memberikan efek samping berlebihan seperti obat modern. Selain untuk mengatasi penyakit, obat tradisional dapat juga digunakan sebagai jamu yang menyehatkan.

Bahan-bahan untuk obat hewan tradisional berasal dari berbagai macam tanaman yang memiliki khasiatnya masing-masing. Ada beberapa obat tradisional yang umum digunakan untuk mengatasi penyakit hewan. Seperti pinang muda baik buah dan bijinya dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Buah pinang muda bermanfaat untuk mengatasi penyakit cacingan pada hewan ternak. Cacingan merupakan penyakit yang sering menjangkit hewan ternak. Ciri-ciri umum hewan yang terkena cacingan terlihat pada perut ternak yang buncit, kurus dan pucat serta bulu ternak mudah rontok. Buah pinang muda yang digunakan sebagai obat dapat diolah menjadi tepung maupun diambil cairannya. Untuk biji pinang berfungsi mengatasi diare pada hewan ternak.

Ada pepaya yang hampir semua bagian pohonnya dapat dijadikan obat. Mulai dari daun, buah, akar pohon, biji, dan getah pepaya dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit. Untuk dijadikan obat, bagian-bagian pepaya biasanya diolah dengan mencampurkan jenis-jenis tumbuhan lainnya. Daun pepaya bermanfaat untuk mengatasi masuk angin atau kembung serta nafsu makan yang turun pada hewan. Ketika ternak mengalami sembelit biasanya akan gelisah, perutnya besar, dan akan berteriak-teriak maka dapat diobati dengan buah pepaya. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Lalu ada akar pohon yang dapat digunakan sebagai obat cacing dan mencegah penyebaran racun ketika digigit hewan berbisa. Tidak hanya akar pohon, biji dan getah pepaya juga dapat digunakan sebagai obat cacing.

Selain pinang dan pepaya, masih banyak tumbuhan lain yang berfungsi sebagai obat hewan tradisional. Hewan juga membutuhkan suplemen untuk meningkatkan stamina. Obat tradisional yang berfungsi meningkatkan stamina antara lain jahe, lengkuas, temulawak, lempuyang, asam jawa, dan buah mengkudu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top